Blok Koneksi Client di Mikrotik

Kumpulan Artikel, Berita, Informasi PixelKreatif

By : Aditia Darma Nasution - 29 April 2018


Dalam memanajemen sebuah jaringan, terkadang kita memerlukan sebuah tools yang dapat membatasi lalu lintas data yang diminta oleh client. Terkadang kita mendapati client yang jahil atau melakukan tindakan yang merugikan di dalam jaringan kita. Sebagai administrator jaringan kita tentu diharuskan menertibkan client-client yang seperti itu. Sebagai administrator jaringan, kita tentu banyak dihadapkan oleh fasilitas-fasilitas yang memungkinkan untuk melakukan aksi tersebut. 

Salah satu sistem operasi jaringan yang mudah untuk melakukan tindakan tersebut ialah Mikrotik. Dengan menggunakan mikrotik kita dapat melakukan blok akses terhadap client dengan sangat mudah. Dengan memanfaatkan fasilitas Firewall, kita dapat mengkostumisasi koneksi yang digunakan oleh client. Langsung saja kita masuk langkah untuk melakukan blok IP dengan sistem operasi/router mikrotik. 

Masuk ke menu IP -> Firewall, dan buat rule Firewall baru. 

Pada field Src. Address. , masukkan target IP client yang ingin di blok. Kemudian pada tab Action, ubah nilai action menjadi "Drop". 

Setelah kita buat rule firewall baru, maka secara otomatis IP client tidak bisa mengakses jaringan NAT secara penuh. Silahkan coba semua konfigurasi dari fasilitas Firewall dari mikrotik ini. Karena begitu banyak parameter yang bisa kita atur sehingga kita dapat melakukan hal yang dinamis/fleksibel terhadap jaringan kita.

 

Content Manager

Stat The Blog

Komentar Terbaru
  • Wellcome @Drew Wllon and play this web application template, have fun1

    2 minuts ago
  • Morbi nec @Jonathan George nunc condimentum ipsum dolor sit amet, consectetur

    1 hour ago
  • @Josh Long Vestibulum ullamcorper sodales nisi nec adipiscing elit. Morbi id neque quam. Aliquam sollicitudin venenatis

    2 hours ago
Kategori
Artikel Populer